TUTORIAL CARA INSTALASI WINDOWS XP

Disini akan saya berikan panduan tutorial cara instal ulang windows xp dengan screenshot.
Berikut langkah - langkah mudah yang dilengkapi dengan screenshot yang harus agan lakukan untuk meng instal Windows XP :

1. Pertama, agan harus sudah mempunyai Master Windows XP yang ingin agan instal. Master Windows biasanya diperoleh saat agan membeli laptop maupun pc desktop satu paket dengan sistim operasi windows. Jika tidak ada, agan bisa membelinya di toko software, bajakan gak masalah, yang penting harga sesuai dengan kantong, atau pinjam aja ke teman.hehe...
2. Kemudan siapkan driver dari motherboard yang agan gunakan.
3. Masuk ke sistim BIOS komputer atau laptop agan untuk mengatur agar prioritas utama boot adalah CD-Room, supaya pada saat komputer maupun laptop Anda direstart langsung mendeteksi CD Master Windows XP. cara settingnya adalah : pilih CD-Room drive pada menu First boot priority, dan yang Second boot priority diisi dengan HDD (Hard Disk). Setelah itu save dan restart komputer Anda.
4.Setelah komputer atau laptop direstart, tunggu beberapa saat sampai muncul tulisan "Press any key to boot from CD..." Tekanlah sembarang tombol agar komputer atau laptop langsung memproses cd instal Windows XP nya. 


 proses boot cd master

5. Setelah itu akan muncul tampilan Windows setup seperti pada screnshot di bawah ini.
halaman windows setup

6. Tunggu beberapa saat sampai muncul tampilan seperti pada screenshot di bawah. Kemudian ada pilihan untuk melanjutkan instal Windows XP dan pilihan untuk memperbaiki (repair) Windows XP. Tekan enter untuk menginstal ulang Windows XP.
opsi instal dan repair windows xp

7. Setelah agan tekan enter, kemudian akan muncul halaman seperti screenshot di bawah ini. Setelah itu tekan F8 untuk menyetujui proses instal ulang.
page licencing agreement


8. Setelah tekan F8 maka agan akan menuju ke halaman daftar partisi hard disk. Apabila agan belum pernah partisi hard disk agan, maka hanya akan tampil drive C: saja. Namun jika agan pernah melakukan partisi pada hard disk, maka agan akan mendapati drive lebih dari satu selain C:. Tergantung berapa partisi yang telah Anda buat. Jika agan buat dua partisi, maka akan muncul partisi drive D: yang bisa disetting kapasitasnya, dst.
halaman list partisi hard disk

9. Untuk instal Windows XP, agan harus pilih drive C: karena sistem komputer agan sudah rusak dan wajib diinstal, kemudian tekan enter. Jika agan ingin partisi hard disk tekan tombol C, maka akan muncul tampilan seperti pada screenshot.
halaman partisi hard disk


10. Ketik kapasitas yang ingin agan buat. Bila kapasitas hard disk 80 GB dan agan ingin buat 2 partisi maka tulislah dalam satuan MB, bukan GB. Misal tulis 40000 MB jika ingin 4GB.

11. Setelah agan yakin dengan partisi yang agan buat, tekan enter. Maka akan muncul tampilan seperti screenshot di bawah.
pilihan format hard disk


12. Ada dua pilihan yaitu Format the partition using the NTFS file system (Quick) dan Format the partition using the NTFS file system. Pilih salah satu (kalau ane pilih yang kedua) kemudian tekan enter maka akan muncul screenshot seperti di bawah.
pilihan lokasi instal windows xp


13. Kemudian akan muncul pilihan drive windows xp yang ingin agan install. Pilihlah drive C:. Setelah itu tekan enter maka komputer akan memformat drive C:.  Screenshot akan seperti gambar di bawah ini.
proses format hard disk drive C:


14. Setelah proses format selesai, komputer akan melakukan transfer data dari CD master ke hard disk komputer atau laptop, tepatnya pada drive C:. Prosesnya seperti pada gambar dibawah.
proses copy dari cd master ke hard disk


15. Setelah proses pemindahan data selesai, maka komputer atau laptop akan merestart otomatis. Atau bila ingin lebih cepat tekan enter.
restart komputer


16. Tunggulah sampai komputer atau laptop agan restart sampai muncul tampilan logo windows xp.
logo windows xp


17. Kemudian proses instal dimulai.
proses instal windows xp


18. Agan tinggal tunggu proses instal berlangsung.
halaman setting bahasa dan opsi regional and language


19. Kemudian agan tinggal ikuti instruksi yang diberikan, klik next.
halaman nama dan organisasi


20. Pada kolom nama dan organisasi, isikan nama agan, sebaiknya nama asli, jangan asal-asalan. Kemudian akan muncul halaman registrasi.
 page registration

21. Masukkan serial number Windows XP. Biasanya tertera pada cover Master CD. Setelah berhasil maka akan muncul halaman Admin dan password. Isikan sesuai dengan keinginan. Setelah itu klik next dan akan muncul halaman tanggal dan waktu. Untuk zona waktu pilih GMT+7.
zone waktu


22. Setelah selesai maka akan muncul halaman seperti screenshot ini.
proses instal


23. Kemudian agan tinggal tunggu kurang lebih 30 - 45 menit tergantung kecepatan prosesor komputer yang agan pakai. Tunggu hingga muncul seperti pada screenshot.
halaman setting network

24. Pada screenshot diatas, sebaiknya agan pilih Typical settings agar lebih mudah dan gak ribet. Setelah klik next maka agan akan menuju ke halaman seperti yg terlihat pada screenshot.
pilihan koneksi domain


25. Jika agan ingin menghubungkan komputer atau laptop dengan domain yang sudah agan miliki maka isilah nama domain pada kolom yang sudah disediakan. Pilih radio button jika tidak ingin menghubungkan dengan domain. kemudian tekan next.

26. Akan muncul page Display Setting. Tinggal klik OK.
adjust screen


27. Setelah Anda klik ok, maka windows akan memunculkan tampilan optimal pada komputer agan, pilih ok.
setting monitor resolution


28. Setelah itu akan tampil logo windows xp yang pasti sudah tidak asing lagi bagi Anda.
logo windows xp


29. kemudian agan masih harus mengatur beberapa setingan lagi untuk mengaktifkan Windows XP yang baru saja agan install. Agan tinggal tekan Next hingga muncul ucapan selamat datang (welcome) pada layar monitor.
welcome page


30. Langkah terakhir, tinggal instal driver dari CD Motherboardsoundvga, maupun driver perangkat pendukung Windows XP lainnya pada komputer atau laptop.
halaman desktop windows xp


Demikian cara instal ulang windows XP pada dengan screenshot pada komputer atau laptop. Langkah terakhir tinggal instal software seperti Microsoft Office, browser, dan aplikasi lain sesuai minat dan kebutuhan agan. Silakan komentar jika ada penjelasan ane yang kurang jelas.

0 comment "TUTORIAL CARA INSTALASI WINDOWS XP", Baca atau Masukkan Komentar

Posting Komentar